Karburator adalah alat pencampur bensin dan udara yang dibuat berupa kabut, kabut bahan bakar ini akan menentukan baik buruknya performance pada mesin khususnya atau kendaraan pada umumnya.
Bila pada suatu hari mesin pada kendaraan kamu tidak mau hidup, dan bila masalahnya ada pada karburator, maka hal ini kemungkinan besar adalah sebgai berikut :
Mesin tidak Mau hidup
- Chokenya terbuka lebar atau terbuka penuh, sehinga udara yang dihisap terlalu sedikit dan menyebabkan businya menjadi basah ( Banjir ).
- Baut udara terlalu keluar , perbaikanya adalah dengan menyetel baut tersebut. cara menyetel baut ini bisa kamu lihat :
Cara Menyetel Baut angin stationer
- Terlalu banyak udara yang masuk kedalam lubang silinder, udara ini datangnya dari kebocoran paking antara karburator dan kepala silinder untuk mesin 4 tak dan dengan blok silinder untuk mesin 2 tak.
- Jet sepoeyer langsam tersumbat.
- Bensin tidak dapat turun dari tangki kekarburator.
Mesin tidak dapat langsam ( Stationer )
Mesin tidak dapat langsam diakibatkan dari hal-hal berikut ini :
- Tersumbatnya jet/spoeyer langsam, atau jet tersebut lepas dari dudukanya karena alurnya lepas atau rusak.
- Setelan pelampungnya kurang tepat, sehinga bensin selalu kurang pada float chamber.
- Akibat kesalahan di dalam penyetelan baut pengatur udara.
- Terlalu banyak udara yang terhisap kedalam silinder (miskin).
Sebagai tambahan bila dilihat dari segi mesin, apabila rantai keteng terlalu kencang, maka mesin berat untuk bekerja dan akibatnya tidak dapat hidup langsam.
Judul :
Cara Menganalisa Kerusakan dan Perbaikan Karburator
Description :
Cara Menganalisa Kerusakan dan Perbaikan Karburator, Cara mengetahui Kerusakan Pada karburator