Prinsip Kerja Karburator
Karburator memegang peranan yang sangat penting pada kendaraaan, karena karburator dapat mengatur akselerasi ( kecepatan ) kendaraan pada berbagai tingkat beban dan kecepatan, kemudian dapat memudahkan mesin untuk hidup, dapat memberikan tenaga yang besar pada mesin dan kendaraan dapat bekerja dengan eknomis.
Adapun mengenai prinsip kerja karburator adalah sebagai berikut, sewaktu torak bergerak dari TMA menuju TMB didalam langkah isap,maka pada lubang silinder terjadi pembesaran ruangan sehinga menimbulkan kehampaan pada lubang silinder tersebut.
Kehampaan ini akan membuat perbedaan tekanan udara antara alam bebas dengan lubang silinder, dimana tekanan didalam lubang silinder lebih rendah dari pada alam bebas.
Dengan adanya perbedaan tekanan ini maka mengalirlah udara yang ada di alam bebas ini masuk kelubang silinder dengan terlebih dahulu udara yang masuk ini di saring oleh filter udara agar debu tidak turut masuk, kemudian udara ini melewati karburator, lubang masuk ( intlet port ) dan terakhir masuk kedalam lubang silinder.
Jumlah udara yang masuk ini dapat diatur oleh sebuah katup pada karburator yang disebut throtle valve, katup ini dihubungkan oleh kawat pada pengaturan akselerasi ( Gas ) pada stang kemudi.
Dengan adanya katup ini maka lubang tempat mengalirnya udara dapat dipersempit, penyempitan udara ini disebut venturi yang gunanya agar pada saat udara melewati venturi aliranya menjadi lebih cepat.
Gunanya mempercepat alran udara dibagian venturi ini adalah agar udara yan mengalir cukup kuat untuk membawa partikel bensin yang keluar dari mulut nozzle dibawah throtle valve.
Besarnya lubang pada nozzle dapat diatur oleh sebuah jarum yang digantungkan pada bagian throttle valve, jadi jarum ini fungsinya mengatur jumlah bensin yang keluar dari mulut nozzle.
Sekarang timbul pertanyaan bagaimana bensin dapat keluar dari nozzle tersebut?.
Jawabanya adalah, bila aliran udara pada bagian venturi ini dipercepat berarti tekanan pada bagian venturi ini adalah rendah, sedangkan tekanan udara didalam mangkuk tempat penyimpanan bensin sementara adalah tinggi, maka mengalirlah bensin yang ada pada mangkuk tersebut kedalam lubang
yang ukuranyacukup kecil pada bagian jet ( spoeyer ).
Setelah masuk pada bagian jet atau spoeyer kemudian keluar pada bagian nozzle, keluarnya bensin pada nozzle ini sudah merupakan kabut bahan bakar.
Kalau kita teliti lebih dalam lagi ternyata prinsip kerja karburator ini adalah sangat sederhana, karena prinsip kerjanya hampir sama dengan alat penyemprot obat nyamuk.
Judul :
Cara Prinsip Kerja Karburator
Description :
Adapun mengenai prinsip kerja karburator adalah sebagai berikut, sewaktu torak bergerak dari TMA menuju TMB didalam langkah isap,maka pada lubang silinder terjadi pembesaran ruangan sehinga menimbulkan kehampaan pada lubang silinder tersebut.