Sistem Pelumasan Pada Sepeda Motor Empat Langkah
Seperti yang telah kita terangkan sebelumya bahwa bak engkol motor dua langkah terbagi kedalam dua bagian yaitu bagian bak engkol untuk perangkat pembakaran dan bak engkol untuk perangkat kopling dan gigi transmisi.
Silahkan baca artikel :
Sistem Pelumasan CCI Suzuki dan Autolube Yamaha Sepeda Motor Dua Langkah ( 2 tak )
Lain halnya dengan motor empat langkah dimana bak engkol merupakan satu kesatuan, baik untuk bagian motor bakar ataupun untuk kopling dan gigi transmisi.
Jadi untuk sistem pelumasan yang digunakan pada mesin empat langkah adalah mengunakan sistem tekan dan percik.
Mesin empat langkah di lengkapi dengan pompa oli yang ditempatkan dibagian dalam bak engkol, adapun tipe oli pompa yang digunakan ada yang memakai pompa oli tipe gigi seperti contohnya sepeda motor BMW dan ada yang mengunakan pompa oli tepi rotor seperti kebanyakan pada sepeda motor honda.
Pompa oli ini bila bekerja akan menekan oli dari bak engkol menuju kekepala silinder guna melumasi perangkat katup dan poros bumbungan, setelah oli ini melumasi komponen tersebut maka akan kembali kebagian bak engkol.
Disamping ditekan dibagian kepala silinder, oli ini juga ditekan kebagian poros engkol melalui saluran yang ada guna melumasi bantalan peluru pada ujung besar batang torak oli pelumas ini dipercikan kearah dinding silinder dan bagian ujung kecil batang torak guna melumasi pena torak.
Dengan mengunakan oli yang sama, perangkat kopling dan gigi transmisi dapat terlumasi dengan cara sistem percik dengan memanfaatkan putaran pada komponen yang bersangkutan, jadi sebenarnya sistem yang digunakan pada mesin empat langkah sebenarnya sangat sederhana.
Judul :
Sistem Pelumasan Pada Sepeda Motor Empat Langkah
Description :
Sistem Pelumasan Pada Sepeda Motor Empat Langkah sepeda motor honda sepeda motor metik