Hallo sobat sepeda motoris, kali ini mimin sedikit cerita ya tentang pengalaman pertama mengendarai sepeda motor kopling manual, lebih tepatnya dulu pas masih kelas 2 SMK.
Pengalaman pertama, dulu pake sepeda motor vega yang sudah dimodif ada kopling manualnya.. pinjam punya temen sih.. hehehe..
Oke kurang lebih begini
Dengan posisi grogi, tangan gemetar, wah pokoknya campur aduk ngak karuan, sebenarnya kalo sepeda motor tanpa kopling manual sih sudah terbiasa dan kira-kira bisa ngak nie pakai kopling manual soalnya kalo nabrak, ini motor pinjam lho..
Motor sudah dalam posisi hidup stasioner.. wah tambah grogi, tapi dalam pikiran saya harus bisa, dan lama-lama agak mulai tenang.
Kemudian tuas kopling saya tekan kebelakang, lalu injak presneleng dalam posisi gigi satu, wahduh bisa ngak ya? Bisa ngak ya dalam hati..
Kemudian lepaskan tuas kopling pelan- pelan diimbangi dengan buka gas sebelah kanan, dan ternyata bisa.. bisa.. jalan wah plong..
Waduh sudah deket tikungan.. apa yang harus di lakukan nie?? dan ternyata gek.. gek.. gek.. gek.. motor mati.
Sambil menepi, wah gimana sih ini ternyata sepeda motor kopling manual ngak enak, mati-mati gini ( dalam batin sih).
Tetep lanjut seperti langkah awal sambil terus berfikir, apa di tikungan harus di tekan ya tuas koplingnya? dan ternyata benar tapi, pas mau jalan ugluk.. ugluk.. ugluk.. mati lagi.. wahh.. gimana sih ini?
Kebetulan ada bapak-bapak yang lewat dengan bahasa jawa sambil teriak ( dilorot mas presnelenge ) yang artinya kurangi mas gigi presnelengnya.
Dalam hati, Owh... gitu...
Berarti kalo posisi belok, tuas kopling di tekan, sambil gigi presneleng diturunkan, kemudian buka lagi pas mau jalan..
Dan Alhamdullilah sampai ditujuan, dan misi perjalanan yang menegangkan kali ini berhasil?
Sebenarnya cara mengendarai sepeda motor kopling manual ini gampang kok sob.. apa lagi sudah punya dasar bisa mengendarai motor non kopling manual, cuma faktor kebiasaan saja, yang penting mantap nanti pasti punya felling sendiri, dan pasti bisa.
Share tulisan ini ke media sosial kamu ya sob.. walaupun katrok tapi tetep berusaha berbagi..
Judul :
Cara Mengendarai Motor Kopling Manual
Description :
cara mengendarai motor kopling posisi di tanjakan turunan dan tikungan