Pelumasan Sepeda Motor 2 tak
Sistem CCI digunakan pada sepeda motor suzuki dan autolube digunakan pada sepeda motor Yamaha, CCI itu sendiri singkatan dari Crankshaft Cylinder Oil Injection yang artinya oli disuntikan pada bagian poros engkol dan silinder.
Autolub adalah singkatan dari Automatic lubrication atau pelumas otomatis yang mana sistem autolube ini sama dengan sistem CCI hanya tidak dilengkapi dengan penyuntikan oli pada poros engkol.
Cara kerja sistem cci adalah sebagai berikut, oli pelumas diletakan pada tangki khusus dan biasanya diletakan pada bagian bawah jok.
Bila mesin kitanyalakan berarti pompa oli dapat bekerja dan mengalir oli pelumasnya yang ada pada tangki menuju pompa oli, setelah masuk pada pompa oli kemudian di sebar dengan gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh pompa oli tersebut oli yang disbar tersebut disalurkan kemasing masing pipa salurannya.
salah satu dari saluran oli pelumas dihubungkan pada lubang diatas bak engkol, dimana lubang tersebut tembus sampai kebagian bantalan peluru yang menunjang poros engkol, oli pelumas yang masuk pada lubang ini akan diteruskan sampai kebagianujung besar batang torak guna melumasi bantalan peluru yang ada pada ujung besar batang torak tersebut.
Sedangkan lubang salran yang satu lagi dihubungkan dengan sebuah lubang yang ada dibagian atas bak engkol, kemudian lubang ini tembus pada lubang yang terdapat pada blok, silinder, ujung dari saluran ini berakhir pada lubang masuk (intel port).
Oli pelumas yang keluar dari lubang masuk intel port ini akan turut terbawa bersama campuran bensin dan udara kedalam bak engkol berupa kabut, kabut oli ini akan digunakan untuk melumasi lubang silinder, bantalan peluru pada ujung kecil pada batang torak dan bantalan bantalan peluru penopang poros engkol.
perjalanan oli pelumas ini tidak hanya sampai pada bagian bak engkol saja,akan tetapi terus terbawa bersama bahan bakar menuju proses pembakaran dan oli pelumas ini habis terbakar.
Oleh sebab itu pelumasan semacam ini , baik itu mengunakan sistem CCI, autolub, atau sistem campur langsung dengan bensin pada tangki vespa kesemuanya itu dapat disebut mengunakan sistem total loss.
Untuk melumasi kopling (clutch) atau gigi transmisi digunakan oli pelumas sendiri, yang mana oli pelumas ini tidak boleh masuk atau terhisap pada bagian motor bakarnya.
Agar oli pelumas ini tidak turut masuk pada bak egkol maka pada bagian poros engkolnya selalu dilengkapi dengan sekat oli (oil seal).
Judul :
Sistem Pelumasan CCI Suzuki dan Autolube Yamaha Sepeda Motor Dua Langkah ( 2 tak )
Description :
Sistem Pelumasan CCI Suzuki dan Autolube Yamaha Sepeda Motor Dua Langkah ( 2 tak ) Vespa motor ninja