Yang disebut langkah adalah setiap gerak torak dari bagian atas silinder atau dapat kita sebut dari TMA ( titik mati atas ) menuju bagian bawah silinder atau menuju TMB ( titik mati bawah ) atau sebaliknya dari TMB menuju TMA. satu langkah torak adalah setegah putaran poros engkol.
1. Langkah Isap
Langkah pertama adalah pengisapan bahan bakar dari karburator menuju lubang silinder, pada langkah ini torak bergerak dari TMA menuju TMB dan pada saat yang bersamaan katup masuknya terbuka sedangkan katub buangnya tertutup rapat. Pada langkah isap ini masuklah kabut bahan bakar melalui lubang masuk, katup masuk dan terakhir sampai kedalam lubang silinder.
Setelah proses pengisapan bahan bakar berakhir yang mana posisi toraknya ada dibawah, katup masuknya menutup dan terperangkaplah kabut bahan bakar itu didalam lubang silinder.
2. Langkah Kopmresi
Langkah kedua adalah kompresi bahan bakar, dimana torak bergerak dari TMB menuju TMA, pada saat ini kedua katupnya menutup rapat agar dapat dihasilkan kompresi mesin yang baik. Besar atau kecilnya tenaga yang dihasilkan oleh sebuah mesin adalah tergantung atau baik buruknya hasil kompresi, serta banyak atau sedikitnya kabut bahan bakar yang diisap pada saat langkah pertama.
sesaat sebelum torak mencapai TMA pada langkah akhir kompresi, businya memercikan api dan terbakarlah kabut bahan bakar tersebut sehinga terbentuklah gas panas bertekanan tinggi.
3 Langkah Usaha / Kerja
Langkah ketiga adalah langkah kerja atau usaha, dimana toraknya bergerak dari TMA menuju TMB. Mengapa langkah ini disebut langkah kerja, karena pada langkah inilah dihasilkan tenaga guna enjalankan kendaraan, sedangkan langkah langkah yang lain tidak menghasilkan tenaga dan justru membutuhkan tenaga. Pada saat melangsungkan langkah ini kedua katup masih tetap menutup rapat, dan sesaat sebelu toraknya mencapai tmb, katup buangnya muali terbuka.
4 Langkah buang
Langkah keempat adalah langkah buang, dimana toraknya bergerak dan TMB menuju TMA dan katup buangnya terbuka, sedangkan katup masuknya tertutup rapat. Gerakan torak menuju dari TMB menuju TMA ini adalah dalam rangka mendorong gas sisa pembakaran menuju knalpot. Dan siklus berikutnya adalah kembali pada langkah pertama, setelah berakhirnya langkah buang ini.
Jadi kesipulanya mesin 4 tak (empat langkah) bekerja empat kali gerakan torak atau sama dengan poros engkol berputar sebanyak dua kali, dapat dihasilkan satu tenaga mesin, sedangkan mesin 2 Tak (dua langkah) hanya dengan satu kali poros engkol berputar dapat dihasilkan satu tenaga mesin.
silahkan baca postingan :
Cara Kerja Mesin 2 tak ( dua langkah )
Judul :
Cara Kerja Mesin 4 Tak ( Empat Langkah )
Description :
Cara Kerja Mesin 4 Tak ( Empat Langkah ) Yang disebut langkah adalah setiap gerak torak dari bagian atas silinder atau dapat kita sebut dari TMA ( titik mati atas ) menuju bagian bawah silinder